Cakupan Vaksin Measles dan Rubella di Sulsel, Makassar Urutan Buncit

  • Bagikan
IST

"Sekarang kan masih perpanjangan (BIAN), sudah perpanjangan kedua, Kalau mencontoh vaksinasi MR lalu yang dari Agustus diperpanjang sampai Desember, itu sampai di angka 98 persen. Jadi kami dikasih terus perpanjangan waktu untuk capai sasaran," jelasnya.

Untuk mempercepat capaian target, Dinkes Makassar mengerahkan tim untuk turun ke lapangan untuk melakukan layanan jemput bola.

"Kalau biasanya hanya menunggu orang datang, di posyandu, di puskesmas, sekarang kami sasar lagi sekolah. Kami kerja sama dengan Dinas Pendidikan, dengan SD dan PAUD untuk turun sesuai jadwal," jelasnya.

Lebih jauh, Mariani juga membeberkan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan vaksinasi MR. Tidak sedikit masyarakat yang masih enggan jika anaknya divaksin. Sehingga, petugas harus turun berulangkali untuk meyakinkan mereka.

Saat ini, Dinkes Makassar juga menyiapkan gerai vaksinasi di kawasan Car Free Day (CFD). Diharapkan, semua langkah yang dilakukan ini bisa mempercepat capaian target imunisasi campak dan rubella di Kota Makassar.

"Saat ini kami juga membuka gerai vaksinasi di car free day. Ini sudah berjalan tiga pekan. Di situ masyarakat bisa vaksin Covid-19 dan vaksin untuk BIAN. Kan di CFD biasa banyak anak-anak yang dibawa sama orang tuanya," pungkasnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan