Peresmian Empat MPP Dipusatkan di Maros, MenPAN-RB Harapkan Tak Ada Lagi Pelayanan Bertele-tele

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Mal Pelayanan Publik (MPP) diempat Kabupaten di Sulsel diresmikan langsung Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Mahfud MD Jumat, 19 Agustus 2022.

Peresmian ke-4 MPP ini dipusatkan di Plaza MPP Maros Jalan AP Pettarani Kabupaten Maros.

Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Mahfud MD mengatakan kalau hadirnya pelayanan terpadu ini sebagai bagian dari reformasi birokrasi.

"MPP ini bagian dari reformasi birokrasi, sebagai upaya membangun Indonesia maju, sesuai dengan kebijakan umum pemerintah," jelasnya.

Menurutnya MPP merupakan salah satu wujud inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

"Jadi birokrasi yang lama itu senang membuat orang menunggu, bahkan dapat menunggu selama berhari hari, itu merupakan birokrasi yang korup. Makanya dengan kehadiran MPP ini diharapkan agar pelayanan tidak lagi bertele-tele," ujarnya.

Dengan kehadiran MPP ini, kata dia, nantinya masyarakat sudah dapat menyelesaikan pembuatan dokumen hanya dalam satu pintu.

"Karena di MPP itu bisa mengurus KTP, BPJS, SIM, akte kelahiran hingga mengurus paspor juga bisa," sebutnya.

Olehnya itu dia mengingatkan agar para ASN mengubah minset dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Jadi negara itu dibentuk untuk melayani masyarakat, bukan untuk dilayani," tegasnya.

Dia juga menargetkan agar seluruh kabupaten memiliki MPP di 2024 mendatang.

"Dari 500 lebih kabupaten kota baru 63 ini yang memiliki MPP. Sedangkan di Sulsel baru tujuh, diantaranya Selayar, Barru, Palopo, Parepare, Pinrang, Bantaeng dan Maros," urainya.

  • Bagikan