Tim Peneliti Fakultas Kedokteran Unhas Kunjungi Kanazawa University

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Tim peneliti Indonesia dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-Unhas) melakukan kunjungan ke laboratorium vaccinology & applied immunology Kanazawa University.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan program Bilateral Exchange Program DGHERT-JSPS Joint Research Projects antara Universitas Hasanuddin - Kanazawa University dengan Principal Investigator dari Unhas dr. Yenni Yusuf, M.InfectDis, PhD dari departemen parasitology FK, sedangkan PI dari Kanazawa University adalah Prof Mitsuhiro Iyori, PhD dari Lab Vaccinology and Apllied Immunology.

Program ini mengangkat tema riset pengembangan vaksin COVID-19 berdasarkan studi seroepidemiologis di Indonesia. Adapun anggota dari tim Indonesia adalah Dr.dr.Irawaty Djaharuddin, SpP (K) dari departemen Pulmonologi, dr.Sitti Nurisyah, Sp.P(K) yang merupakan dosen luar biasa Dep. Pulmonologi yang sedang menempuh studi S3 Ilmu Kedokteran Unhas, dr. Khaeriah Amru yang merupakan dosen prodi S1 FK Unhas, dan Syahruddin, SKM, S.Kep, Ns, M.MKes, selaku research assistant dari RS tadjuddin Chalid, dan mahasiswa prodi S1 FK Unhas Azizah Nurul Mutia, dan Atifatul Qalbi Kadir.

Kunjungan dilakukan oleh beberapa anggota tim, yaitu Yenni Yusuf, Sitti Nurisyah, Khaeriah Amru, dan Syahruddin. Kegiatan utama adalah melakukan experiment untuk studi doktoral Dr Sitti Nurisyah di mana Dr. dr. Irfan Idris, M.Kes merupakan promotor dan Dr.dr. Irawaty Djaharuddin, SpP(K) dan Dr. Agussalim Bukhari, M.Clin.Med, SpGK, PhD selaku ko-promotor. Kehadiran tim juga disambut oleh kepala lab Vaccinology & Applied Immunology, Prof Shigeto Yoshida. Beliau sebelumnya telah menghadiri seminar proposal studi doktoral dr Sitti Nurisyah sebagai salah satu penguji eksternal secara online dan memberikan beberapa masukan dalam seminar tersebut.

  • Bagikan