USAID-CCBO Paparkan Hasil Riset Soal Sampah di TPS Darul Aman dan TPA Antang

  • Bagikan
USAID-CCBO Paparkan Hasil Riset Soal Sampah di TPS Darul Aman dan TPA Antang.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wali Kota Makassar Danny Pomanto menerima kunjungan dari USAID dan Clean Cities Clean Blue Ocean (CCBO) di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Makassar, Jumat (19/8/2022).

Lead Ocean Plastics and Urban Advisor Environment Office USAID, Clare Romanik mengatakan tujuan kedatangannya bertemu Danny Pomanto untuk membahas persoalan persampahan di Makassar.

Kata Clare, pihak USAID bersama CBCO didampingi Dinas Lingkungan Hidup Makassar sudah melakukan riset terkait sistem pengelolaan persampahan di Makassar.

Adapun yang menjadi lokasi penelitian antara lain, TPS Darul Aman dan TPA Antang.

"Hasilnya penelitian dari enam komponen penilaian disimpulkan bahwa Makassar telah terbangun kapasitas di atas Kapasitas Dasar, namun butuh kapasitas tambahan agar sistem menajemen persampahan bisa berjalan baik dan efisien," ujar Clare.

Adapun komponen yang menjadi perhatian USAID dan CCBO mulai dari perencanaan, kebijakan dan rancangan kerja, manajemen keuangan, layanan penjemputan sampah, sumber daya manusia, hingga keterlibatan masyarakat.

Mereka mengaku takjub dengan partisipasi masyarakat dalam penanganan sampah. Ketersediaan TPS di setiap RW yang dikelola secara mandiri oleh warga dan terintegrasi dengan penjemputan sampah yang difasilitasi pemerintah.

"Kami telah meneliti lebih dari 25 kota di kawasan Asia, Amerika Latin dan Karibia, betul setiap daerah itu memiliki keunikan sendiri. Dari 6 komponen Makassar, keterlibatan publik adalah hal yang sangat mencolok," jelas Chief of Party CCBO, Jon Angin.

  • Bagikan