Buat Project Kesenian di Lorong, Komunitas Ini Sulap Gang Penuh Warna

  • Bagikan
Antusias warga memeriahkan kegiatan seni jalanan di Lorong 24, jalan Muhammad Yamin, Baru, Kelurahan Bara-baraya Timur, Kecamatan Makassar. (Multazim/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Meriahkan hari kemerdekaan, Kelana Artspace berkolaborasi dengan Bara-baraya Project, membuat kegiatan di lorong 24, jalan Muhammad Yamin Baru, kelurahan Bara-baraya Timur, Kecamatan Makassar.

Kegiatan yang bertemakan Art Society ini, berlangsung selama empat hari, mulai 17 sampai dengan 20 Agustus 2022.

Menurut Pendiri Kelana Artspace, Ashabul Kahfi, kegiatan tersebut bertujuan memberi edukasi kepada masyarakat tentang seni sekaligus sebagai sarana hiburan bagi masyarakat yang ada di sana.

"Kami mau dekatkan lagi kesenian itu di masyarakat, lebih akrab, lebih nyaman, biar kesenian itu tidak dianggap pemandangan saja. Saya juga membuka di Gang ini untuk membuat jeda ke masyarakat dari aktivitas kesehariannya," tuturnya.

Ashabul Kahfi mengakui bahwa program Art Society baru pertama kali diselenggarakan oleh timnya. Mereka memamerkan berbagai jenis seni lukis, mural, musik, hingga produksi film indie.

Kelana Artspace bersama Bara-baraya Project, melibatkan banyak seniman-seniman Makassar dan mahasiswa dari berbagai kampus.

"Yang muralnya ini dia lebih ke teman-teman dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Sulsel, kalau lukisan ini gabungan dari Makassar," ucap Ashabul Kahfi.

Sementara itu, Inisiator Bara-baraya Project, Irwan AR menerangkan bahwa, kegiatan seni jalanan di sepanjang lorong 24, RW 5 itu, mendapat respon yang positif dari warga setempat.

"Inikan baru bagi mereka kegiatan begini, Ada mural, ada layar tancap, dan segala macam itu mereka excited begitu. Makanya mereka itu memfasilitasi kita," ujarnya.

  • Bagikan