Jawab Pertanyaan Anggota DPRD Sinjai, Realisasi Penciptaan Lapangan Kerja Baru Sudah Lampaui Target

  • Bagikan
Sekretaris Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja, Muh Sabir Syurkati

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Sinjai menyebut realisasi penyerapan tenaga kerja melalui penciptaan lapangan kerja baru telah melampaui target. Hingga saat ini jumlah tenaga kerja yang terserap sebanyak 11.020 selama kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

Penciptaan lapangan kerja untuk menyerap tenaga kerja menjadi salah satu program unggulan Bupati ASA yang dituangkan dalam visi misinya. Rencananya, sebanyak 10.000 tenaga kerja yang akan terserap selama 5 tahun. Namun, target tersebut telah melebihi dalam empat tahun kepemimpinannya.

Sekretaris Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja, Muh Sabir Syurkati mengatakan, belasan ribu tenaga kerja tersebut terserap ke dalam beberapa sektor industri. Mulai dari usaha menjahit, tata rias, tata boga, perbengkelan, jasa konstruksi dan beragam industri lainnya.

Tentu peran Pemerintah Daerah adalah menyiapkan pelatihan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat, bekerja sama dengan beberapa lembaga dan Balai Latihan Kerja di dalam daerah maupun luar provinsi. Termasuk menyiapkan fasilitas peralatan untuk mendukung industri mereka.

"Menyiapkan lapangan kerja baru itu bukan berarti harus menghadirkan industri besar, yang namanya industri adalah kegiatan yang menghasilkan nilai, mengolah bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi, ini yang harus dipahami," bebernya, Selasa, (23/8/2022).

Mantan Kabag Humas Setdakab Sinjai ini pun merinci realisasi serapan tersebut. Pada tahun 2018 sebanyak 60 orang, 2019 sebanyak 538 orang, 2020 sebanyak 4.404 orang, 2021 sebanyak 6.018 orang.

  • Bagikan

Exit mobile version