Bacaleg Daerah hingga DPR RI Asal Demokrat di Ujung Pena Ni’matullah RB

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Partai Demokrat dalam waktu dekat akan membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif 2024. Rekrutmen bacaleg akan dilakukan setelah Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang digelar di Jakarta.

Ketua Demokrat Sulawesi Selatan, Ni'matullah Erbe mengatakan, rapimnas akan dilakukan selama tiga hari yaitu dari tanggal 14, 15, dan 16 Agustus 2022.

Agendanya pidato politik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, pengumuman pembukaa secara resmi rekrutmen bacaleg nasional, konsolidaai sikap politik Partai Demokrat menghadapi Pilpres 2024, dan rangkaian ulang tahun partai.

"Setelah diumumkan rekrutmen bacaleg di rapimnas, baru kami di daerah membuka pendaftaran,"ujar Ni'matullah kepada awak media di DPRD Sulawesi Selatan, Kamis 25 Agustus 2022.

Lanjut Ni'matullah, merujuk pada peraturan organisasi (PO) yang baru untuk perekrutan bacaleg di pemilu 2024 mendatang, DPD diberikan kewenangan penuh dalam melakukan seleksi. Khususnya bacaleg yang akan maju di DPR RI.

Sedangkan untuk bacaleg tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi tidak boleh langsung serahkan komposisi bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tanpa sepengetahuan DPD.

"PO sekarang tentang bacaleg DPR RI harus mendapat mandat dari Ketua DPD. Karena saya bertanggung jawab mengenai jumlah kursi,"kata Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan ini.

"Beda di Pemilu 2019 lalu, PO untuk bacaleg DPR RI kewenangan DPP,"dia menambahkan.

Untuk Rapimnas, Ni'matullah mengatakan, pihaknya akan membawa rombongan sekitar 142 orang. Terdiri dari pengurus DPD, DPC, dan fraksi Partai Demokrat di Sulawesi Selatan. (ikbal/fajar)

  • Bagikan