Simulasi Pilgub Sulsel 2024, Siapa Paling Pas?

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah bintang baru akan menghiasi kanca perpolitikan Pilgub Sulsel 2024.

Bahkan sejumlah kalangan lembaga survei dan pengamat membuat simulasi paket antara sesama bakal calon kandidat.

Misalnya, ada yang melempar wacana Panglima Bausawa berpasangan dengan Iwan Atas atau Rusdi Masse, Andi Sudirman-Adnan Purichta, dan beberapa figur lain seperti Taufan Pawe, Danny Pomanto,
dan Ilham Sirajuddin.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir dalam analisnya menilai persaingan sangat terbuka lebar bagi calon gubernur yang akan bertarung di Pilgub Sulsel 2024.

"Sehingga persaingan akan terbuka kepada semua pihak, namun tentunya figur yang paling siap yang punya partai dan cost politik seperti AIA dan RMS," ujarnya, Kamis (25/8/2022).

Dia menyebutkan, walaupun masih terlalu dini bicara paket di pilgub, namun memang rumor pasangan sudah bermunculan di publik dan jadi bahan konsumsi isu publik pemerhati politik.

"Misalnya rumor, RMS- Adnan, Adnan-Fatmawati RMS, Adnan-Indah Putri, AIA-Muh Bau Sawa atau AIA-Adnan, ASS-Adnan, IAS-Kahar Mudzakar, serta ASS-Indah, Danny-Adnan, atau Danny-Indah," jelasnya.

Ditambahkan, semua itu masih sebatas rumor politik, namun munculnya rumor tersebut hadir dari publik yang menjodoh-jodohkan jagoannya.

"Pilgub Sulsel dalam kacamata PT IPI akan berjalan dinamis karena belum ada figur tergolong kuat. Semua terlihat berimbang dari segi kefiguran maupun dari segi electoral," pungkasnya.

Sementara, Direktur Lembaga Kajian Isu-isu Strategis (LKIS) Syaifuddin menuturkan dalam tradisi politik ada yang disebut 'Simulakra' yang identik dengan istilah simulasi.

  • Bagikan