FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Hari UMKM Nasional 2022, Grab dan OVO memperkenalkan Solusi UMKM Terpadu di @GrabMerchantID. Ini sebagai portal informasi satu pintu untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Hal ini berfokus pada tiga pilar utama, yaitu memberikan akses ke konsumen melalui digitalisasi, pusat informasi tentang izin dan sertifikasi, serta akses ke modal usaha.
Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, dan President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan
Inisiatif tersebut untuk mendukung upaya pemerintah. Utamnya dalam mendorong lahirnya pelaku UMKM baru dan mempercepat adopsi digital pelaku usaha.
Solusi UMKM Terpadu di @GrabMerchantID kata dia, disosialisasikan pada acara Kopdar UMKM Nasional di Gedung SMESCO Indonesia. Diikuti oleh sejumlah pemilik bisnis dan perwakilan komunitas UMKM.
"Disana diajarkan bagaimana kses ke modal usaha, kejelasan mengenai izin dan regulasi serta akses ke konsumen masih menjadi tiga kendala utama dalam mendirikan usaha baru atau bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha," ucapnya.
Penulis, aktivis dan pemilik usaha kuliner Bearrito, di sela-sela diskusi Kopdar UMKM Nasional, Alanda Kariza mengatakan ketiga hal tersebut merupakan tantangan besar ketika ia baru memulai usaha sendiri.
"Kemudahan mengakses informasi terkait modal, peraturan dan bagaimana cara menggaet konsumen yang lebih luas sangatlah membantu bagi usaha kecil yang masih memiliki keterbatasan sumber daya,” jelasnya.
Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN), Fiki Satari mengatakan begitu banyak jejaring komunitas kreatif yang mengandalkan media sosial dalam kegiatan usahanya.