SMPN 1 dan SDN 103 Bontompare Sinjai Terpilih sebagai Sekolah Penggerak

  • Bagikan
Kepala Sekolah SMPN 1 Sinjai, Syamsul Rijal

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sinjai merupakan satu di antara tujuh sekolah yang ada di Kabupaten Sinjai menjadi pilot project penerapan program sekolah penggerak.

Sekolah Penggerak yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan program merdeka belajar, yang memberikan keleluasaan kepada guru untuk menggunakan kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah berbasis proyek sebagai kurikulum sekolah penggerak.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sinjai, Syamsul Rijal mengaku bersyukur dan bangga atas ditunjuknya SMPN 1 Sinjai sebagai sekolah penggerak. Meski penerapan program sekolah penggerak baru dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024, namun pihaknya saat ini sudah melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan mulai menerapkan kurikulum merdeka.

“Alhamdulillah dengan adanya kebijakan dari Dinas Pendidikan Sinjai terkait kurikulum merdeka yang sudah mulai diterapkan saat ini, tentu membantu kami dalam menyiapkan menjadi sekolah penggerak,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah penggerak akan diberikan bantuan dana dari Kemendikbud untuk kegiatan peningkatan sarana dan prasarana serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) guru.

“Jadi akan ada pendampingan yang dilakukan oleh Kemendikbud kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan performanya,” tuturnya.

Selain itu untuk mendukung program ini pihaknya juga telah memiliki satu sistem yaitu zona SMP 1 dimana segala bentuk modul ajar menggunakan sistem digitalisasi.

  • Bagikan

Exit mobile version