Kontingen Sulsel Raih Dua Penghargaan di Festival Olahraga Tradisional XII

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SURAKARTA - Kontingen Sulawesi Selatan berhasil meraih dua penghargaan kategori terbaik pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional ke XII Tahun 2022 yang digelar pada 26-29 Agustus 2022 di Solo-Surakarta Jawa Tengah.

Penghargaan yang diraih kontingen Sulsel yaitu Pembaca Narasi Terbaik dan 10 besar Penampilan Terbaik atau berada di urutan kedua.

Kontingen Sulsel yang diperkuat sebanyak 14 orang atlet olahraga tradisional dipimpin langsung oleh Kadispora Sulsel Andi Arwin Azis didampingi Sekretaris Dinas dan Kabid Keolahragaan.

Arwin mengatakan, kontingen Sulsel pada festival tersebut menampilkan Permainan Budaya Daerah berjudul Passilaga Awok binaan Sanggar Seni Budaya Andikar. Mereka dilatih oleh Andi Abubakar Hamid, pemimpin sanggar sekaligus salah seorang pakar budaya senior Sulawesi Selatan.

"Tim telah membawa nama harum Sulawesi Selatan dengan mempersembahkan prestasi terbaik dalam menampilkan permainan budaya Passilaga Awok," ujar Arwin dalam keterangannya, Minggu (28/8/2022).

Ia menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kemenpora setiap tahun genap. Sementara untuk tahun ganjil ada Pekan Olahraga Tradisional.

Adapun Festival Olahraga Tradisional ini, kata Arwin, bagian dari upaya Kemenpora untuk mencari serta menggali potensi olahraga tradisional dari berbagai daerah yang mungkin bisa terpilih untuk diperlombakan pada Pekan Olahraga Tradisional.

"Masing-masing daerah menunjukkan inovasinya dalam hal olahraga tradisional. Yang diharapkan nantinya bisa diperlombakan," ucapnya.

  • Bagikan