Prodi MSP Unhas Laksanakan Pengabdian Masyarakat, Edukasi Pentingnya Ekosistem Bakau

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Program Studi (Prodi) Manajemen Sumber Daya Perairan (MSP), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas beberapa waktu lalu melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat, di Kelurahan Pallameang, Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang.

Kegiatan yang bertajuk Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Berbasis Lingkungan sebagai Strategi Meningkatkan Kesadaran dan Kepedulian terhadap Ekosistem Mangrove itu, terlaksana sebagai hasil kerjasama antara Prodi MSP Unhas dan pemerintah Kabupaten Pinrang.

Ketua panitia, Prof. Sharifuddin Bin Andy Omar, menjelaskan, kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu perwujudan tri dharma perguruan tinggi dan melibatkan murid-murid di beberapa sekolah dasar negeri di Pallameang.

‘’Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sejak dini akan pentingnya pengetahuan mengenai ekosistem pesisir,’’ ujar Sharifuddin.

Prof Abank, demikian ahli Avertebrata Air itu menjelaskan, sebelum dan sesudah pemaparan materi, dilakukan pre-test dan post-test kepada murid-murid sekolah untuk mengetahui perkembangan dan daya serap pengetahuan mereka tentang pentingnya ekosistem mangrove.

Para murid ini juga mendapatkan materi pengenalan mangrove dari Nurlaela Abdullah, tim penyuluh perikanan Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang.

Kegiatan pengabdian tersebut dihadiri Kepala Dinas Perikanan, Syahruddin, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Sudirman, Korwil UPT Dikbud Kecamatan Mattiro Sompe, Nawawi, para Penyuluhan Perikanan Muda, Pinrang dan dosen FIKP Unhas.

  • Bagikan