Ikutkan Dua Tim Sandeq, Prof Husain Syam: Harus Juara Dong!

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, POLMAN - Ritual "Mangisi Walasuji" dan pelepasan Seribu Lampion di Tanjung Silopo, Polman menjadi penanda dimulainya Festival Sandeq 2022 bertema "Indonesia Mendukung IKN" tersebut.

Salah satu sponsor terbesar dari kegiatan ini adalah, Rektor UNM Prof Husain Syam. Ia mengaku menyumbang Rp 500 juta dengan mengikutsertakan dua perahu Sandeq.

"Siapapun yang menjadi bagian dari Sulbar, wajib melestarikan tradisi ini. Makanya kita ikut memberikan hiburan bagi masyarakat," ujar Prof Husain di sela-sela kegiatan pembukaan Festival Sandeq, Selasa malam, 30 Agustus 2022.

PHS sapaan akrabnya menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Sulbar. Ia berharap ke depan Festival Sandeq bisa memiliki gaung yang lebih besar.

"Kita harap nanti bukan hanya sampai Kalimantan (IKN), tapi kalau bisa go-internasional. Misalnya sampai Jepang atau Singapura," ujarnya.

Partisipasi PHS dalam kegiatan ini juga
mengikutkan dua tim Sandeq untuk berlomba sampai ke Kalimantan Timur. Ia berharap agar timnya keluar sebagai juara dalam perlombaa.

"Tim passandeq (peserta sandeq) kita, tadi saya panggil ke rumah. Kita do'a bersama, supaya mereka makin semangat. Saya juga tambahkan uang saku. Jadi kalau bisa, harus juara dong," ujarnya dengan nada setengah bercanda. (wir/fajar)

  • Bagikan