Buka Akses ke IKN Nusantara, Susi Air Mamuju – Balikpapan Hanya 1 Jam

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAMUJU - Akses transportasi udara dari Mamuju (Sulbar) menuju Balikpapan (Kaltim) kini lebih ringkas dengan hadirnya Susi Air. Penerbangan hanya sekira 55 menit sampai 60 menit.

Pj Gubernur Akmal Malik menjadi orang pertama yang membeli tiket penerbangan perdana Susi Air rute Mamuju-Balikpapan. Langkah ini merupakan upaya Pemprov Sulbar untuk membuka akses transportasi ke IKN Nusantara.

"Ini salah satu intruksi presiden untuk membuka akses ke IKN Nusantara. Saya harap masyarakat memanfaatkan fasilitas ini untuk menggerakkan perekonomian daerah," ujar Akmal, Kamis 1 September 2022

Ia menambahkan penerbangan perintis ini untuk membangun efisiensi dan efektivitas akses antar pulau. Akmal mengakui bahwa upaya mendatangkan Susi Air tidak mudah, karena di tengah-tengah kondisi ekonomi yang kurang baik akibat harga minyak (BBM Pesawat) cenderung naik.

"Tapi kita bersyukur, Susi Air mau bekerja sama untuk membuka akses," ujarnya

Adapun Harga tiket maskapai penerbangan Susi Air dibanderol Rp 2,1 juta per orang. Jika dikalkulasi memang harganya lebih tinggi dibanding menggunakan maskapai lain. Namun keunggulannya, Susi Air membuka rute langsung dari Bandara Tampak Padang Mamuju menuju Sultan Muhammad Aji Sulaiman Sepinggan (Balikpapan), Kaltim dengan jarak tempuh 55 menit.

"Penerbangannya direct (langsung) jadi tidak transit lagi di Makassar atau Palu," ujarnya.

Ke depannya, Gubernur juga berharap agar rute Mamuju - Palu segera beroperasi demi meningkatkan efisiensi waktu. Untuk diketahui Kantor penjualan tiket Susi Air berada di kompleks perkantoran Gubernur Sulbar, Jl Abdul Malik Pattana Endeng, Mamuju.  

  • Bagikan