Prodi S3 Fisika Unhas dan Pusat Riset Kuantum BRIN Sepakat Kolaborasi

  • Bagikan
Prodi S3 Fisika Unhas dan Pusat Riset Kuantum BRIN sepakat kerjasama

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Prodi S3 Fisika Unhas mencatatkan satu langkah maju pada Selasa kemarin, 30 Agustus 2022, atas kesuksesan menjajaki peluang kerjasama (kolaborasi) dengan salah satu pusat penelitian (Puslit) terkemuka di tanah air, yaitu Puslit Fisika Kuantum yang bernaung di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Inisiasi kerjasama ini diawali oleh kontak personal antara Prof. Tasrief Surungan, Ph.D yang pekan sebelumnya terpilih sebagai nakhoda baru prodi tersebut dengan Dr. Suharyo Sumowidagdo peneliti senior BRIN, ilmuan pemilik H-indeks paling tinggi di tanah air. Kontak personal antara kedua fisikawan tersebut ditindak lanjut menjadi pertemuan formal yang dilangsungkan pada Selasa kemarin, 30 Agustus 2022.

Pertemuan berlangsung melalui meeting zoom yang didiskusikan poin-poin kesepakatan yang akan dituangkan dalam dokumen PKS (program kerjasama). Pertemuan tersebut, selain dihadiri oleh unsur pimpinan kedua pihak, juga oleh para peneliti senior dari Puslit Fisika Kuantum BRIN dan sejumlah guru besar prodi S3 Fisika Unhas. Dekan FMIPA Unhas Dr. Amiruddin dan Ketua Departemen Fisika Unhas Prof. Arifin, MT turut hadir dalam pertemuan via daring (dalam jaringan) tersebut.

Dr. Ahmad Ridwan Nugraha sebagai peneliti senior sekaligus Direktur Puslit Fisika Kuantum, memulai uraiannya dengan memaparkan struktur Organisasi dan Tatakelola (OTK) BRIN. Dr Nugraha selanjutnya membahas program-program pendanaan riset yang dikelola oleh BRIN. Sebagaimana dipahami, BRIN adalah lembaga pemerintah yang dibentuk berdasarkan Perpres No. 78 Tahun.2021.

  • Bagikan