Prodi S3 Fisika Unhas dan Pusat Riset Kuantum BRIN Sepakat Kolaborasi

  • Bagikan
Prodi S3 Fisika Unhas dan Pusat Riset Kuantum BRIN sepakat kerjasama

Prodi S3 yang dapat menerima mahasiwa PMDSU pada umumnya adalah Prodi yang usia pendiriannya sudah cukup lama dan telah memperoleh status akreditasi unggul (sangat baik). Dokumen akreditasi Prodi S3 Fisika Unhas telah disiapkan dan siap diajukan ungkap ke LANSAMA dalam waktu dekat, ungkap Dr. Amiruddin dalam menjawab Dr. Suharyo dari BRIN.

Patut diakui, Program PMDSU menjadi impian bagi para sarjana (S1) yang baru lulus. Pemerintah, melalui PMDSU, menyiapkan semua biaya bagi mahasiswa dari tingkat master (S2), hingga lulus doktor S3). Komponen biaya inj meliputi biaya kuliah, biaya riset dan biaya hidup selama studi. Para doktor jebolan program PMDSU rata-rata berusia di bawah 30 tahun.

Prof. Dahlang Tahir, yang masih menjalakan tugas sebagai ketua Prodi S3 Unhas dalam masa peralihan ke Prof. Tasrief selaku ketua terpilih ikut menyampaikan uraian capaian Prodi S3 Fisika. Hingga saat ini, barus ada 5 mahasiswa Prodi S3 Fisika Unhas. Dengan inisiasi kerjasama ini, jumlah peminat diharapkan meningkat secara signifikan, seiring dengan prospeknya yang cukup memudahkan mahasiwa dan peluang-peluang riset yang tersedia.

Dalam diskusi kemarin sempat pula dibicarakan kemungkinan melibatkan para kolaborator luar negeri. Kedua pihak menyanbut baik, terlebih karena program hosting ilmuan juga telah berjalan selama ini. Demikian demikian, format kerjasama yang kelak dihadirkan memungkinkan pula, para kandidat doktor prodi S3 Fisika Unhas dipromotori pula oleh ilmuan Internasional. (dra/fajar)

  • Bagikan