LP2M UNM Gelar Workshop SINTA, Dosen Diminta Fokus Pemutakhiran Database

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar (LP2M UNM) menyelenggarakan sosialisasi dan workshop yang bertajuk Pemutakhiran Data pada SINTA (Science And Technology Index).

Sosialisasi dan Workshop tersebut digelar via Zoom Meetings, pada Sabtu (3/9/2022), dan diikuti oleh lebih dari 400 peserta yakni dosen dari berbagai Fakultas dan PPs UNM.

Seperti diketahui, SINTA bisa dikatakan sebagai “Scopus ala Kemenristek Dikti” yang memiliki skema dan fitur sama sebagai database. Setiap jurnal ilmiah yang berkualitas akan terindeks atau masuk ke dalam database SINTA.

Dalam laporannya, Ketua LP2M UNM, Prof Bakhrani Rauf mengatakan pemutakhiran Sinta ini harus dilakukan setiap saat karena sangat berpengaruh terhadap kinerja dosen kepangkatan dosen di lingkup UNM.

Sementara itu, mewakili Rektor UNM, Prof Hasnawi Haris selaku wakil Rektor bidang akademik menyampaikan apresiasi kepada LP2M UNM beserta seluruh tim dan teman-teman yang menginisiasi pemutakhiran data pada SINTA.

"Kedepan akan semakin banyak pembenahan dan hal-hal secara administrasi yang harus di selesaikan. SINTA adalah satu momentum dan forum yang baik, saya pikir banyak saya lihat dosen memang harus fokus pada pemutakhiran data SINTA ini," ujarnya.

Mantan Dekan Fakuktas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) UNM ini juga berpesan dengan harapan ke depannya peranan pimpinan dan dosen bisa menaikkan rangking UNM di SINTA maupun di World Class University.

"Ini menjadi perhatian bagi semua dosen dan seluruh staf di universitas terkait SINTA kita, bukan hanya pimpinan. Sehingga ini bisa memberikan manfaat untuk dibenahi satu-persatu publikasi kita," terang Prof Hasnawi.

  • Bagikan