PNUP Lakukan Pendampingan Guru Bahasa Inggris SMPN 14 Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), yang terdiri dari para dosen bahasa Inggris dari jurusan akuntansi, membuat pendampingan kepada Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 14 Makassar.

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, bertujuan melatih para guru bahasa Inggris untuk dapat melaksanakan PTK. Dilaksanakan sejak Kamis lalu.

Ketua Tim Pengabdian PNUP sekaligus Narasumber, Dr. Tamrin, M.Ed.St mengatakan pelatihan ini dimaksdukan agar para guru
dapat meningkatkan kompetensi pedagogi dan kompetensi profesionalnya. Termasuk secara spesifik dalam meningkatkan kemampuan reading siswa.

"Pendampingan dilaksanakan sesuai siklus PTK yaitu tiga kali pertemuan di kelas yang sebelumnya dilakukan studi pendahuluan," ucapnya.

Kata Dr. Tamrin, pembukaan kegiatan ini juga turut disaksikan oleh siswa kelas 8 lebih 30 orang. Kegiatan pembukaannya dilaksanakan di kelas.

Materi yang diberikan terkait
Apa itu Penelitian, PTK, jenis-jenis PTK
Fungsi dan Manfaat PTK untuk peningkatan kompetensi. Lalu langkah-langkah sistematika siklus pelaksanaan PTK
(disusul sesi-tanya jawab antara pemateri dengan para guru bahasa Inggris dan siswa).

"Pesertanya itu sebanyak 7 orang yang terdiri dari para guru bahasa Inggris SMP Negeri 14 Makassar serta diikuti kurang lebih 30 orang siswa," ucapnya.

Kepala Skolah SMPN 14 Makassar, Mustamin mengatakan berdasarkan evaluasi umpan balik dari perserta yang menanyakan tentang materi pelatihan, penguasaan materi, menunjukkan tingkat kepuasan peserta rata-rata 90%.

  • Bagikan