PKK Parepare Bakal Gelar Penyuluhan Lansia Berbahasa Daerah, Erna Taufan: Upaya Lestarikan Budaya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE - Pengurus Tim Penggerak (TP) Kota Parepare melakukan gebrakan dengan menggelar perlombaan penyuluhan Ketahanan Lanjut Usia (lansia) menggunakan bahasa ibu (bahasa daerah). Perlombaan yang melibatkan Ketua TP PKK Kelurahan se-Kota Parepare ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50.

Sekretaris TP PKK Kota Parepare, Hj Wahyuni Chalik menguraikan perlombaan penyuluhan bertema Lansia Anti Mager ini bertujuan menjadi ajang untuk menyemangati para lansia agar di usianya tetap produktif, aktif bergerak, dan tetap sehat meski di usia lanjut.

“Mengapa penyuluhannya kita kemas menggunakan bahasa daerah? karena, selain sebagai upaya kami untuk melestarikan bahasa daerah juga penyampaian pesan dari penyuluhan itu lebih efektif karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dicerna oleh para lansia,” ujar Wahyuni Chalik, Senin (5/9/2022).

Sementara, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan mengatakan, penyuluhan lansia berbahasa daerah Bugis itu merupakan program TP PKK Kota Parepare sebagai wujud apresiasi budaya dalam melestarikan bahasa daerah.

Istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare ini juga menekankan, penanaman cinta terhadap bahasa daerah harus dimulai oleh para Ketua TP PKK Kelurahan untuk ditularkan kepada para Ibu-ibu di lingkungan keluarganya. “Dengan penggunaan bahasa daerah dalam penyuluhan dapat mengeratkan keakraban dan kekeluargaan para Ibu Ketua PKK dengan warganya sehingga pesan komunikasi itu tersampaikan secara efektif,” papar Erna.

  • Bagikan