Telkom dan BCG Rekomendasikan 6 Langkah Sukses Transformasi Digital bagi Pelaku UMKM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memainkan peran vital dalam perekonomian dunia. Sebanyak 90% bisnis global dan setengah dari lapangan kerja global bergantung pada UMKM.

Pentingnya UMKM bagi perekonomian dunia, menjadi salah satu faktor Presidensi B20-G20 Indonesia mengangkat soal pemberdayaan UMKM sebagai isu prioritas. Terlebih lagi, UMKM juga terkena dampak yang cukup signifikan dari pandemi Covid-19.

Terkait hal itu, B20 Digitalization Task Force menggelar side events MSMEs Reports 2022 berupa diskusi dan peluncuran hasil studi yang dilakukan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama dengan Boston Consulting Group (BCG) mengenai dampak digitalisasi bagi pemulihan dan pemberdayaan UMKM, Rabu (1/9/2022) di studio SEA Today, Jakarta. Adapun SeaToday dalam hal ini merupakan partner utama Telkom Indonesia dan BCG dalam mempromosikan dan memperluas informasi MSME Reports 2022 dari Indonesia ke publik, baik domestik maupun internasional yang harapannya dapat membantu memperkuat bisnis UMKM di Indonesia.

Peluncuran hasil studi ini menghadirkan dua orang pembicara, yakni B20 Digitalization Deputy Chair and Director of Digital Business of Telkom Indonesia, Fajrin Rasyid dan Managing Director dan Partner BCG, Davids Tjhin.

Dalam studi yang dilakukan BCG dan Telkom Indonesia berjudul “Powering up a post-pandemic rebound for MSMEs through digital transformation”, terlihat bagaimana digitalisasi berkontribusi besar bagi lebih dari 60% UMKM dalam mencari pelanggan dan pemasok barang-barang yang diperdagangkan oleh mereka.

  • Bagikan