Prof Husain Syam Bakar Semangat Tim Sandeqnya di Balikpapan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN - Ketua Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Husain Syam atau PHS menyempatkan diri melihat langsung Tim Sandeqnya, Merpati Putih dan Insya Allah Merpati di Pantai Manggar, Balikpapan, Kaltim.

PHS sapaan akrabnya mengaku sengaja datang memberi semangat, kepada tim Sandeqnya. Karena menurutnya, menyeberangi Selat Makassar yang membutuhkan motivasi dan kekuatan yang besar.

"Saya datang, karena kita tahu beratnya mengarungi lautan. Saya juga senang sekali, tim kita yang baru pertama kali ikut, bisa sampai di IKN," ujar PHS di Pantai Manggar, Kamis 8 September.

Ia menambahkan, Sandeq sebagai kekayaan leluhur masyarakat Mandar wajib dilestarikan. Oleh karena itu, ia berharap ke depannya, kegiatan seperti ini bisa menjadi rutinitas tahunan. Sebab, selain ajang pelestarian, Festival Sandeq juga menjadi hiburan.

"Momen seperti ini sebenarnya bisa dijadikan rutinitas, untuk menghibur para pelaut kita. Yah, ibaratnya, setelah melaut 6 bulan (mencari nafkah), kita bantu lagi dengan memberikan semangat hidup baru berupa hiburan," ungkapnya.

Kegiatan Festival Sandeq ini juga diharapkan tak hanya menjadi ajang lomba Sandeq. Namun juga momentum silaturahmi antar warga Sulbar di perantauan.

"Ini tahun pertama saya ikut. Saya hadir sebagai peserta sekaligus berkontribusi untuk kesuksesan Festival Sandeq. Ke depan, Insya Allah, kita tetap memberi perhatian khusus untuk kegiatan seperti ini," jelasnya. (wir/fajar)

  • Bagikan