Grand Event ESQ Diikuti 1000 Peserta dari Empat Negara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Gelaran Grand Event Training ESQ asal Indonesia kini sudah menyambangi Malaysia.

Diikuti kurang lebih 1000 orang dari 4 negara yaitu Malaysia Brunei Darussalam, Singapore dan Indonesia. Dilaksanakan, di Shah Alam Convention Center (SACC) Selangor-Malaysia, 10-13 September 2022.

Founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian mengatakan kehadiran para tokoh besar dari beberapa negara sebagai peserta pelatihan, membuat ESQ yang diinisiasi dari Indonesia memang sudah durasa membuat bangga.

"Terimakasih para ulama dan tokoh yang hadir mendukung 1000 rakyat Malaysia untuk training," ucapnya dengan tersenyum.

Ary mengungkapkan bahwa selama 17 tahun dirinya bolak balik ke Malaysia dan mendidik lebih dari 150.000 lebih rakyat Malaysia, ia menemukan 4 hal.

"Saya menemukan 4 hal di sini yaitu Malaysia fokus ke pembangunan SDM, keinginan belajar yang kuat, semangat wirausaha yang tinggi tanpa gengsi, hormat dan menjaga adab kepada guru sehingga menjadi berkah," tuturnya.

Untuk itu, Ary coba membuka rahasia bagaimana cara untuk menjawab 3 hal yang dicari manusia yaitu siapa saya, dimana saya dan mau kemana saya. Karena menurutnya, jika tiga kunci ini terjawab maka kita akan dapat 3 hal yaitu kebahagiaan, ketenangan, kejayaan.

"Jika kita ingin bahagia, kita harus bereaksi terhadap kecenderungan untuk mengikuti garis perlawanan yang paling sedikit, kecenderungan yang menyebabkan kita tetap apa adanya," ucapnya.

Atau kata dia, melihat terutama pada kegiatan kegiatan di luar diri kita untuk apa yang akan memberikan dorongan baru untuk hidup kita. Ary kutip dari kata kata Piere Teilhard De Cardin.

  • Bagikan