70 Tahun Kontribusi Kalla untuk Indonesia, Kebermanfaatan Adalah Jalan Lillahku

  • Bagikan

Seperti baru-baru ini Kalla Group berhasil menyabet penghargaan Top Corporate Social Responsibility (CSR) of the year 2022 yang diselenggarakan oleh Infobrand.id bekerja sama dengan Tras N Co Indonesia. Kalla Group menjadi salah satu dari 100 perusahaan yang dinilai memberi pengaruh positif dalam penyaluran CSR (Sindonews.com,03/8/2022).

Di usia yang ke 70 tahun, bukanlah usia yang singkat, ibarat manusia di umur ini terkategori matang dalam mengambil setiap keputusan. Lika-liku telah dilalui utamanya kontribusi apa yang sudah kita berikan kepada Negara dan masyarakat. Karena beberapa perusahaan hanya mengejar profit materi semata, dan justru mengabaikan sisi yang lain. Nilai positif dari Kalla Group yakni, kebermanfaatan. Kelemahan kita sebagai manusia kadang terlalu banyak menuntut ini-itu, tapi lupa mempertanyakan ke diri sendiri/komunitas/perusahaan apa yang sudah saya berikan? Dalam artian terlalu banyak menuntut tapi enggan dituntut memberikan yang terbaik. Intinya, dengan banyak memberi manfaat ke orang banyak, akan membuat orang lain merasa happy. Bukankah kita juga akan merasa happy dengan menjadi bagian sebab bahagianya orang lain.

Seperti Filosofi dan nilai-nilai luhur dari Kalla diantaranya Kerja Ibadah, Apresiasi Pelanggan, Lebih Cepat Lebih Baik, dan Aktif Bersama. Tentu filosofi ini sangatlah mulia. Program social yang konsisten terhadap pemberdayaan masyarakat, Sumber Daya Manusia (SDM).

Seiring dengan bertambah tuanya umur suatu negara, maka akan mengikut peningkatan populasi penduduk seperti pada grafik di atas diperkirakan menunjukkan hasil yang cenderung meningkat tiap tahunnya. SDM yang begitu banyak seyogianya berbanding lurus mengenai peningkatan mutu/kreativitas pertumbuhan ekonomi dibanding Negara lain. Maka, memanfaatkan SDM sekiranya sangat diperlukan demi tercipta masyarakat yang sejahtera.

  • Bagikan