Anies Baswedan Nyatakan Siap Maju sebagai Capres di 2024

  • Bagikan
Anies Baswedan resmikan hunian DP 0 Rupiah di Jaktim. (ANTARA)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan siap maju sebagai calon Presiden di Pemilihan Presiden pada 2024 mendatang.

Anies mengatakan itu dalam wawancaranya dengan media asing, Reuters di Singapura. Anies Baswedan mengatakan siap maju jika ada partai politik yang mendukungnya.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," ujar Anies kepada Reuters, dilansir Jumat 16 September 2022.

Mantan Menter Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan bahwa dirinya bukan anggota partai, sehingga dia membuka ruang komunikas kepada setiap parpol yang hendak 'meminangnya'.

Anies mengatakan, beberapa lembaga survei independen kerap menempatkan namanya dalam 3 besar. Hal itu membantu kredibilitasnya.

"Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," kata Anies.

Anis mengakatan, rakam jejaknya untuk meju sebagai calon presiden 2024, bisa dilihat ketika dia memimpin DKI Jakarta selaa 5 tahun ini.

"Dulu, orang berasumsi tentang saya dan apa yang saya perjuangkan dan apa yang akan saya lakukan di kantor. Sekarang, saya telah menjabat selama lima tahun, jadi nilailah saya berdasarkan kenyataan dan rekam jejak," katanya.

Jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada 16 Oktober 2022 mendatang.

Sejauh ini, Partai NasDem disebut-sebut akan mendukung Anies Baswedan sebagai calon Presiden 2024. Namun balum ada ketupusan resmi dari Nasdem.

Nama Anies Baswedan disebut dalam Rakernas Nasdem bulan lalu. Selain Anies, ada juga nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (fin/fajar)

  • Bagikan