Dilapor Dugaan Pelanggaran Verifikasi Keanggotaan Parpol, KPU Selayar Yakin Sudah Benar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Komisioner KPU Selayar menghadiri sidang lanjutan atau sidang kedua gugatan Bawaslu Selayar perihal dugaan pelanggaran pada proses verifikasi administrasi keanggotaan parpol yang ganda, di Bawaslu Sulsel, Makassar, pada Jumat (16/9/2022).

Materi sidang kali ini yakni pembacaan laporan gugatan dari Bawaslu Selayar dan jawaban dari KPU Selayar.

Namun, usai pembacaan laporan gugatan, KPU Selayar meminta izin kepada majelis hakim yang dipimpin oleh Komisioner Bawaslu Sulsel, untuk ditunda. Permintaan itu pun diamini, dan sidang akan kembali dilanjutkan pada Rabu (21/9/2022) pekan depan.

Ketua KPU Selayar, Nandar Jamaluddin, usai sidang mengatakan, pihaknya akan menyiapkan materi-materi persidangan untuk disampaikan pada sidang berikutnya. Sekaligus, akan menghadirkan saksi-saksi.

Hanya saja, Nandar belum bisa memberikan kepastian, berapa orang saksi yang akan dihadirkan. Katanya, ia akan urung rembuk dulu dengan para komisioner KPU Selayar.

"Tapi insya Allah kita sudah ready," kata Nandar kepada awak media.

Ia pun menjelaskan kembali, duduk perkara sehingga KPU Selayar dilaporkan oleh Bawaslu Sulsel. Yakni perihal penggunaan video konferensi atau video call pada verifikasi administrasi untuk dua orang yang ditengarai beranggotakan partai politik ganda.

Meski tidak diatur dalam PKPU No 4 Tahun 2022, tapi Nandar mengatakan, cara yang ditempuh sudah sesuai.

"Karena penggunaan video konferensi atau video call (pada verifikasi administrasi) itu punya semangat yang sama dengan verifikasi faktual. Di verifikasi faktual itu kan dibolehkan untuk melakukan verifikasi lewat video konferensi," katanya.

  • Bagikan