Menuju IP 400, Kodim 1422 Maros dan Pemkab Maros Lakukan Uji Coba Penanaman Padi Genjah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAROS - Salah satu upaya menyukseskan program budidaya padi Indeks Pertanaman (IP) 400, Kodim 1422 Maros bersama Pemkab Maros mulai melakukan uji coba penanaman bibit padi genjah atau berumur pendek, Kamis, 15 September.

Penanaman padi perdana ini dilakukan langsung Bupati Maros, AS Chaidir Syam, Ketua DPRD Maros, HA Patarai Amir, Dandim 1422 Maros, Letkol Inf Muhammad Hujairin dan Kapolres Maros, AKBP Awaludin Amin ini dilakukan di Kelurahan Baju Bodoa, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1422 Maros, Letkol Inf Muhammad Hujairin mengatakan gerakan tanam padi genjah ini merupakan salah satu upaya uji coba untuk mengukur produktifitas mengukur capaian menuju IP 400.

Dimana padi genjah atau padi umur pendek ini ditanam dilahan seluas satu haktare saja.

"Jadi ini salah satu upaya kami mengukur produktifitasnya dan mengukur capaiannya menuju ke Indeks Pertanaman (IP) 400 tanam empat kali," katanya.

Pola tanam padi IP400 ini kata dia, baru pertama kali dilakukan di Wilayah Maros, yang bertujuan agar ada peningkatan produksi padi.

"IP400 itu begini, jadi satu lahan akan dimaksimalkan fungsinya sampai 4 kali panen. Nah itu akan diselingi padi genjah, padi dalam, padi menengah kemudian palawija. Agar fungsi lahan akan lebih optimal, lebih tahan hama dan secara ekonominya tentu bisa membantu perekonomian masyarakat,"jelasnya.

Menurutnya padi genjah atau padi umur pendek ini memiliki keunggulan tersendiri hasilnya pun bisa mencapai 8 ton per hektare.

  • Bagikan