Pengamat Birokrasi Apresiasi Upaya Prediktif Kapolrestabes Makassar Mencegah Kriminalitas

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR--Kreatifitas dan sinergi pencegahan kriminalitas Kapolrestabes Makassar Sulawesi Selatan, Kombes Pol Budhi Haryanto.

Hal ini dalam upayanya melakukan tindakan prediktif menekan angka kriminal, dinilai inovatif oleh Pengamat Birokrasi dan Pelayanan Publik Varhan Abdul Aziz.

Pasalnya ia melakukan pembinaan dan pemberdayaan organisasi pemuda antara lain terhadap Batalyon 120 .

Varhan mengatakan, penegakan hukum menjadi tugas dan fungsi aparat Kepolisian, namun didalam kaidah masyarakat madani, partisipasi elemen rakyat menjadi satu hal yang penting.

"Kita tidak bisa menjadikan masyarakat sebagai penonton, namun partisipasi mereka perlu diberdayakan sesuai kapasitas dan kemampuannya dan ini tidak bisa swadaya, masyarakat harus dirangkul dan diarahkan, seperti yang dilakukan Kapolrestabes pada Organisasi Pemuda Batalyon 1207," pujinya.

Lebih lanjut menurut Varhan, cara Budhi Haryanto yang bersinergi dengan Walikota Makassar dalam merangkul mantan pelaku kriminalitas menjadi out of the box karena mempercayakan mereka untuk mengajak orang lain hidup lurus dan benar.

"Seperti yang kita ketahui, anggota Batalyon 120 adalah mantan pelaku kriminal yg telah membersihkan dirinya," ucapnya.

Mereka disegani di lingkungannya, orang yg memiliki pengalaman dan telah menjadi lebih baik akan lebih mudah didengar, sama halnya seorang pecandu bisa lebih mendengar sesama mantan pecandu yg telah insaf," jelas Varhan.

“Apakah mantan pelaku kriminal tidak punya hak untuk sadar akan kesalahannya dan kembali menjadi anggota masyarakat yg bermanfaat utk orang lain ? Tanya Varhan .
“Siapa yg mau peduli kepada mereka yg ingin hidup menjadi orang baik dan tidak melanggar aturan hukum ?” ujar
Varhan yang juga menjadi Sekjen Indonesia Bureaucracy and Service Watch ( IBSW ) ini .

  • Bagikan