Distrik Benawa Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa di Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Distrik Benawa, Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, terus berupaya memberikan dukungan penuh terhadap pemulihan roda pemerintahan di Kabupaten Yalimo.

Salah satunya dengan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.02 tahun 2022 dan pelaksanaan pemotongan pemungutan pajak oleh bendahara desa.

Kegiatan Bimtek yang diikuti 37 kepala kampung atau kepala desa se-Distrik Benawa, digelar di Hotel Harper, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, 17-18 September 2022.

Kepala Distrik Benawa, Arman Kombo S.IP menjelaskan, pelaksanaan Bimtek tersebut untuk mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Yalimo, yang masih dalam tahap pemulihan roda pemerintahan.

Selain itu, kata Arman, Bimtek itu juga dilakukan untuk melatih para kepala kampung dalam memahami pengelolaan keuangan kampung. Mengingat posisi penting kepala kempung selaku kuasa pengguna anggaran

"Inti dari Bimtek ini bagaimana manajemen kampung ini bisa berjalan dengan baik lagi ke depan dalam manajemen pengelolaan keuangan, untuk mendukung pembangunan di tingkat Kabupaten Yalimo," kata Arman.

Ia mengatakan, kegiatan Bimtek perdana dilakukan di Kota Makassar, itu memiliki harapan besar, supaya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa PDTT) memberikan perhatian maksimal untuk pambangunan kampung-kampung di Kabupaten Yalimo di masa mendatang.

Sementara itu, Kepala Kampung Induk Gilika, Sergius Christian Bomol menjelaskan kondisi infrastruktur jalan di Kabupaten Yalimo sudah 60 persen berakses. Sementara, 40 persen lainnya yang berada di wilayah pedalaman pegunungan belum berakses.

  • Bagikan