Bank Mandiri Dukung UMKM Jadi Eksportir

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- PT Bank Mandiri bekerjasama dengan Bea Cukai Makassar ikut andil dalam rangkaian acara Pemulihan Ekonomi Nasional - Roadshow Jeneponto dan Bantaeng, yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 September 2022.

Hari pertama kegiatan roadshow ini dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Jeneponto yang dihadiri UMKM binaaan Bank Mandiri di Jeneponto dan Bantaeng maupun UMKM binaan dari Pemda Jeneponto, Wakil Bupati Jeneponto beserta jajaran pemda dan dinas terkait.

Hadir Pula Kepala Dinas Perdagangan Provinsi SulSel, Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Selatan, perwakilan Bank Indonesia, Forkopimda Jeneponto dan stakeholders lainnya. Dalam Talk Show yg menghadirkan pemateri dari Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, dari Pelaku Usaha Eksportir Ani dari CV Coconut Indonesia dan Ayu dari CV Morisama Sejahtera Indonesia - Mak Judes, serta pemateri dari Bank Mandiri M. Taufiqi Akbar selaku Kepala Cabang Mandiri Jeneponto.

Andhi Pramono menyampaikan bahwa Kabupaten Jeneponto memiliki potensi yang sangat tinggi untuk ekspor dengan adanya hasil alam yg berkualitas untuk ekspor, seperti rumput laut, gula aren, garam, cabai, dan jagung, sayangnya belum terdapat data barang ekspor yang berasal dari Jeneponto yang melalui pelabuhan Makassar.

Hal ini dibenarkan oleh Asriyhani dari CV Coconut Internasional Indonesi dan Sri Wahyuni dari CV Morisama Sejahtera Indonesia, selaku pelaku ekspor yang mengambil bahan baku maupun supplier nya berasal dari Jeneponto, mereka menyatakan bahwa kualitas gula aren dan cabai dari Kabupaten Jeneponto adalah yang terbaik, dan memenuhi kualitas untuk diekspor, tinggal butuh kerjasama bersama untuk menentukan standar dan menginfokan ke UMKM kualitas produk yg diinginkan buyer dari luar negeri dan bagaimana mengemasnya dan mempromosikan nya setelah produknya jadi.

  • Bagikan