PKW KJB Lamenda Buat Fashion Show di Atas Awan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TORAJA UTARA -- Komunitas fashion dan kriya PKW, Jarum Benang dan Lamenda Dressmaker sukses membuat fashion show di atas awan di Totombi, Kampung Wisata Lolai, Toraja Utara pada hari Minggu, 18 Sept. Komunitas ini bekerjasama dengan Model Look NDJ Management di Rantepao menampilkan busana motif Toraja dan tenun Toraja, dengan membawa tema Memperkenalkan Busana Toraja ke Langit Dunia. Pegelaran ini dicatat sbg fashion show tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 1380 Mdpl.

Menurut penyelenggara, Fitriya Asri, event ini dibuat agar lebih banyak orang mengenal tenun dan tradisi khas Toraja yang unik. Tenun asli Toraja mulai terpinggirkan, industrinya sulit bersaing dengan tenun2 Jepara. Nasibnya tidak jauh beda dng batik canting yg skrg sudah jadi printing. Jadi apa yg dilakukan ini bagaimana kita combine printing dan tenun, termasuk dng gaun agar cita rasa Toraja tidak hilang dan tetap jadi bagian dari busana nusantara."

Yang menarik adalah komunitas ini sudah beranggotakan hampir 400 orang perempuan di seluruh Sulawesi Selatan. "Ini sesuai dng visi kami dalam memberdayakan UMKM perempuan." Kata Fitriya.

Pagelaran ini juga didukung beberapa sponsor seperti Sentra Tekstil, Amelia Art, dan difasilitasi tempat berkreasi di RB BRI.

  • Bagikan