IKN Nusantara Bukan Sekadar Wacana, Tapi Sebuah Kepastian, Ini Buktinya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) bukan lagi sekadar wacana. IKN Nusantara sebuah kepastian yang akan ada.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong.

Untuk itu dia meminta agar seluruh masyarakat untuk mendukung sehingga dapat terwujud secepatnya.

Dia pun membeberkan sederet alasan terkait IKN Nusantara sebagai sebuah kepastian.

“IKN bukan lagi sekadar wacana. Karena sudah ada UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN. Jadi tidak ada lagi pro kontra dan diskursus soal jadi atau tidaknya IKN,” ujarnya di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa, 20 September 2022.

Menurutnya, semua konsep tentang IKN itu baik dan indah. Tetapi tantangannya adalah bagaimana bisa mewujudkan semua konsep itu dengan baik hingga IKN terbangun sesuai harapan besar masyarakat Indonesia.

Dijelaskannya tentang konsep forest city yang akan diciptakan di IKN.

"Forest city di IKN itu bukan hanya soal tegakan pohon, tapi bicara secara inklusif dan memperhatikan ekosistem. Jadi IKN itu bukan hanya untuk kenyamanan manusia, tapi keramahan juga bagi satwa," bebernya.

Keberadaan kawasan hutan IKN nantinya juga akan menjadi tempat yang ramah bagi hewan-hewan yang tergolong buas, seperti buaya dan harimau.

"Semua bisa hidup di sana (IKN). Untuk yang berbahaya nanti dibuat koridorisasi," katanya pula.

"IKN nanti juga akan membangun harmonisasi antara manusia dan alam sekitarnya," ujar dia.

Konsep penyatuan manusia dan alam di IKN nantinya, juga akan tergambar dari bagaimana mengatur air hujan yang turun berlimpah sebagai panen. Sehingga bisa disimpan dan digunakan saat musim kemarau dan terjadi defisit air.

  • Bagikan