Anti Pungli, Bapenda Sulsel Sediakan Bapenda Mobile Buat Bayar Pajak

  • Bagikan
Kantor Dinas Pendapatan Daerah Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi selatan menyediakan berbagai layanan untuk mempermudah wajib pajak. Baik transaksi secara tunai maupun non tunai.

Untuk pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor misalnya, Bapenda Sulsel membuat terobosan pembayaran pajak secara daring yang diberi nama Bapenda Mobile.

Menurut Sekretaris Bapenda Sulsel Reza Faisal Saleh, bayar pajak lewat Bapenda Mobile dinilai lebih praktis dan mendetail tanpa perlu mengunjungi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT).

“Sudah tersedia di Android dan iOS. iOS ini memang terbaru, satu bulan kita tunggu verfikasi dari pihak Apple setelah dilakukan masa uji coba selama 6 bulan. Dan sudah sukses,” jelas Reza ,Jumat (23/9/2022).

Selain aplikasi Bapenda Mobile, pihaknya juga menyediakan pembayaran via Indomaret, Tokopedia, dan GoPay “Bisa juga bayar non-tunai karena ada juga mesin gesek di Samsat, bisa juga QRIS yang berbasis barcode,” lanjutnya.

Bapenda Sulsel juga baru-baru ini menyedian layanan lewat QRIS Dinamis. “Kalau QRIS, biasa kan, kita sendiri yang tulis nominalnya, sedangkan ini (QRIS Dinami) otomatis akan muncul nilainya. Jadi begitu di scan, langsung muncul nilainya. Langsung dari sistem,“ ujarnya.

Sementara, untuk mempermudah transaksi non tunai bagi masyarakat wajib pajak, Bapenda Sulsel menyediakan gerai SAMSAT, drive THRU, Samsat Keliling.

“Ada juga namanya Samsat Lorong. Jadi kita pakai motor, dengan menyasar di Kota Makassar. Ada juga Kedai Samsat, ada di Al-Markas, di Lapangan Hertasning, ada di Boulevard,” papar Reza.

  • Bagikan