DPD Pertahkindo Sulsel Kolaborasi Gelar Pelatihan Assesor Kompetensi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR--Guna mencetak assesor handal yang berkompeten di berbagai bidang keahlian konstruksi, Perkumpulan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Pertahkindo) melaksanakan kegiatan Pelatihan Assesor Kompetensi.

Total sebanyak 24 peserta yang diikutkan, meliputi wilayah III Sulawesi, Maluku dan Papua. Pelatihan dilaksanakan di Grand Makassar Hotel Jl Monumen Emmy Saelan, Makassar, 26 September.

Direktur Utama PT LSP Pertahkindo Konstruksi Nasional, Muhtar Jaya mengatakan pelatihan yang dilakukan tersebut untuk calon assesor, kerjasama Lsp pertakinas yang dibuat oleh asosiasi tenaga ahli indonesia (pertahkindo)

Peserta yang hadir sesuai dengan jumlah dipersyaratkan, yaitu 24 orang dalam 1 kelas. Pelatihan yang diadakan di Sulsel sebagai tuan rumah ini, dibuatkan 40 jam mata pelajaran. Durasi waktunya 4 hari menerima materi, satu hari evaluasi.

"Jadi pelatihannya ini dibekali 2 master assesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), kemudian saat evaluasi di hari terakhir, didatangan master assesor berbeda untuk menguji," ucapnya.

Kata Muhtar, setelah pelatihan assesor Kompetensi ini, para peserta bertugas menjadi assesor di Pertakonas untuk menguji calon peserta yang akan mendapatkan sertifikat kompetensi kerja (SKK).

Harapannya ini, untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja yang kompeten dibidang jasa konstruksi. Sebab selama ini, di dunia jasa konstruksi belum terpenuhi amanah mengenai UU jasa konstruksi no 2 tentang. Menyalurkan assesor yang kompeten.

Ketua DPD Pertakindo Sulsel, Djamaluddin Karim mengatakan pelatihan assesor ini, dari Pertahkindo melaksanakan kerjasama dengan LSP Pertahkonas dan DPD Pertahkindo Sulsel. Ini merupakan salah satu program unggulan Pertakindo Sulsel.

  • Bagikan