Fakultas Teknik Unhas Siap Cetak Tenaga Kerja Konstruksi Era Revolusi Industri 4.0 untuk IKN

  • Bagikan
Dari kiri ke kanan: Dr Fakhruddin, Dr Asad Abdurrahman, Dr. A. Ildha Dwi Puspita, Adisam R. Amrah, dan Saddam Inayat.

Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin sangat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan mengikutkan 6 orang dosen pada Training of Traineer (TOT) dan akan menyumbangkan jumlah peserta terbanyak.

“Pada tahun ini, Fakultas Teknik Unhas menargetkatkan sebanyak 300 perserta yang terdiri atas alumni, mahasiswa tingkat akhir, instansi pemerintah dan swasta. Pada Tahap 1 ini, diikuti oleh 100 peserta yang dilaksanakan di Lab Komputer CSA Building FT UH dan Ruang Seminar Departemen Teknik Sipil. Seluruh peserta akan dilatih oleh 6 orang instruktur yang terdiri dari 4 dosen Departemen Teknik Sipil dan 2 dosen Departemen Teknik Arsitektur” ungkap Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi FT Unhas Dr. Rustan Tarakka.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Prof Muhammad Isran Ramli menambahkan bahwa keterlibatan FT Unhas pada implementasi BIM tersebut sudah berlangsung sejak 2018. Dimana pada waktu itu atas dukungan Kementerian PUPR, lebih dari 20 dosen FT Unhas mengikuti ToT BIM. FT Unhas juga mengadakan Seminar BIM dan Pelatihan BIM untuk mahasiswa tingkat akhir.

“Pelatihan saat ini juga merupakan kelanjutan dari workshop pengenalan BIM dan dirangkaikan dengan launching serentak Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi IKN oleh Menteri PUPR yang dihadiri oleh lebih dari 400 peserta yang diselenggarakan 27 Agusustus 2022. FT Unhas juga telah mengajukan Kerjasama dengan Trimble untuk menjadikan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin sebagai pusat Pendidikan (training center) BIM di Indonesia Timur”, tambah Prof. Isran panggilan akrab Dekan Fakultas Teknik Unhas. (fajar)

  • Bagikan