Bappenas RI Nobatkan Bantaeng Sebagai Daerah dengan Pembangunan Terbaik Nasional

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) mengakui pembangunan di Bantaeng. Daerah berjarak 120 kilometer dari Makassar ini meraih penghargaan pembangunan daerah (PPD) 2022.

Bantaeng menjadi Kabupaten terbaik nasional Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas RI, Suharso Monoafra di gedung Bappenas RI, Jakarta, Kamis, 28 September 2022. Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menerima langsung piala PPD itu.

Selain Bantaeng, dua daerah lainnya di Indonesia yang juga mendapat penghargaan ini adalah Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Sumedang. Sedangkan di tingkat Provinsi diraih oleh Provinsi Bengkulu, Jawa Timur dan terbaik pertama adalah Jawa Barat.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas RI, Suharso Monoafra mengatakan, inovasi daerah-daerah terbaik ini sudah terbukti memberikan dampak yang baik untuk masyarakat. Oleh karena itu, Bappenas berencana akan melakukan analisis untuk mendapatkan kerangka teori agar inovasi ini mudah direplikasikan di semua daerah di Indonesia.

"Kita akan kumpulkan inovasi-inovasi yang baik ini untuk dituliskan kembali dan mendapatkan kerangka teori sehingga bisa direplikasikan di daerah lainnya di seluruh Indonesia," kata dia.

Dia mengatakan, penghargaan PPD ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bappenas RI. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong pemerintah daerah melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien dalam pencapaian sasaran pembangunan dan mendorong bagaimana pemerintah daerah bisa melahirkan inovasi dalam perencanaan pembangunan.

  • Bagikan