Gubernur Optimis Data pada Peta Kelautan Jadi Bukti Aset Milik Pemerintah

  • Bagikan

Ia menambahkan, dalam pembuatan peta laut Indonesia untuk kepentingan pelayaran. Pertama, hal ini merupakan untuk kepentingan pembangunan nasional. Juga infrastruktur untuk logistik, perkapalan dan pariwisata maritim.

“Ini sejalan dengan program pemerintah, yakni Tol Laut dan membangun kembali budaya maritim Indonesia. Sebagai negara yang terdiri dari 17.000 pulau. Bahwa Indonesia harus menyadari dan melihat dirinya sebagai bangsa yang identitanya dan kemakmuran masa depan bangsa denhan mengelola samudera,” jelasnya.

Dalam menjaga dan mengelola sumber daya laut juga dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut. Melalui pengembangan industri perikanan dan menempatkan nelayan sebagai pilar utama.

TNI AL melalui diplomasi maritim mengajak untuk bekerja sama menghilangkan sumber konflik di laut, pencurian ikan, pelanggaran kedaulatan, sengketa dan perompakan dan lain-lain.

Tambahanya, Indonesia sebagai negara titik pertemuan dua samudera. Memiliki kewajiban untuk membangun kekuatan pertahan maritim.

“Hal ini diperlukan untuk menjaga kedaulatan dan kekayaan maritim dan juga bentuk tanggung jawab Indonesia dalam menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim. Sehingga itu semua pada prinsipnya komandan kami di TNI AL siap mendukung pemerintah daerah, khususnya wilayah Sulsel dan mendukung Gubernur Sulsel,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan