Legislator Hanura Muchlis Misbah: Pendidikan Bentuk Karakter Generasi Penerus

  • Bagikan
Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis A Misbah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis A Misbah menekankan pentingnya pendidikan membentuk karakter para penerus bangsa.

Hal itu dikatakan Muchlis Misbah saat menggelar penyebaran informasi Perda nomor 1 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Hotel Grand Town, Jumat (30/9/2022).

"Tujuan dari pendidikan ini untuk kesuksesan anak kita di masa depan dalam kemajemukan agama moral anak untuk meningkatkan kompetensi dengan belajar secara mandiri dan berkesinambungan," ujarnya.

Menurut Legislator dari Partai Hanura ini Perda tersebut dimaksudkan bagaimana menekankan pendidikan dalam membentuk karakter suatu anak baik di sekolah maupun dalam lingkungan keluarga.

"Tidak hanya sebatas kewajiban pemerintah daerah dan orang tua menyekolahkan anak tetapi membangun karakter dan moral peserta didik, jadi perlu juga pendidikan mandiri dalam keluarga," terangnya.

Karena baginya, pendidikan sangat penting bagi anak untuk bekal di dunia maupun di akhirat dikemudian hari.

Sementara itu, hadir sebagai narasumber Akademisi UIN Alauddin Makassar, Rahmawati Haruna. Dalam paparan materinya ia mengatakan bagaimana menyelenggarakan sistem pendidikan agar dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Akademisi ITB Nobel Indonesia, Sri Prilmayanti Awaluddin juga menyampaikan dengan adanya Perda penyelenggaraan pendidikan bisa menjadikan bagian terpenting dalam kehidupan.

Apalagi dengan adanya ketersediaan resource atau sumber daya yang memadai, baik sumber daya manusianya, infrastruktur sekolahnya, yaitu dengan menganggarkan alokasi anggaran yang cukup.

  • Bagikan