Staf Ahli Bupati Ajak Tingkatkan Kolaborasi Sukseskan Program Smart Kampung di Acara Seminar Data Security

  • Bagikan
Lukman Fattah

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Perkembangan teknologi, informasi merupakan hal yang tidak bisa dihindari, terlebih pada saat ini penguasaan teknologi informasi dijadikan sebagai salah satu indikator kemajuan suatu negara.

Dalam konteks indonesia, perkembangan teknologi informasi terjadi hampir di seluruh aspek, mulai dari penyelenggaraan pemerintahan sampai dengan kehidupan masyarakat.

Hal ini dikatakan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Lukman Fattah saat membuka Seminar Data Security yang diselenggarakan Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM), bekerja sama komunitas teknologi Sinjai, di Auditorium H. Amir Said IAIM Sinjai, Jumat (30/9/2022).

Menurut dia, pesatnya penggunaan teknologi informasi dalam seluruh aspek kehidupan mulai dari lingkungan pemerintah sampai dengan masyarakat telah mendorong beberapa kota/kabupaten di indonesia untuk menerapkan keterhubungan pemanfaatan teknologi informasi yang ada berupa integrasi elemen-elemen kota/kabupaten untuk mendukung kesinambungan kehidupan berbasis teknologi informasi atau bisa disebut dengan smart city / smart regency.

“Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan seluruh elemen kabupaten/kota dalam sebuah sistem teknologi informasi yang mudah diakses oleh semua orang, juga untuk penyediaan pelayanan publik yang transparan, efisien dan adil bagi semua masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa, sejalan dengan pengembangan smart city / smart regency, dalam konteks yang lebih kecil yaitu desa, sudah mulai diterapkannya konsep desa berbasis teknologi informasi atau disebut dengan smart village.

  • Bagikan