Tim PKM UIM Beri Pelatihan dan Kiat Bisnis Pemasaran ke Pelaku Usaha Penggilingan Daging

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Islam Makassar (UIM) berkolaborasi dalam tiga disiplin ilmu/kompetensi yang berbeda di lingkup Universitas dalam pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS). Tim PKM terdiri dari 2 dosen dan 2 mahasiswa masing-masing dari Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Industri serta Prodi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Islam Makassar (UIM).

Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) merupakan skema pengabdian kepada masyarakat di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tahun Pelaksanaan PKMS 2022

Ketua pelaksana kegiatan PKMS ini adalah Ir. A. Haslinah, ST., M.Si., MT dan sebagai anggota tim yaitu Dr. Ir. Andi Haslindah, ST., M.Si dan Ernawati S.ST., M.Si. Kegiatan ini dilakukan mulai Mei sampai Oktober 2022.

Kegiatan PKM melibatkan Mitra dalam hal ini Usaha Kecil Menengah (UKM) Penggilingan Daging milik H. Mujiono yang mempunyai 3 pekerja terdiri dari 2 orang di bagian penggilingan dan 1 orang di bagian pengemasan. Mitra beralamat Jl Niaga Daya, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90241 (Pasar Daya).

Usaha Penggilingan Daging merupakan salah satu usaha kecil menengah (UKM) yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Di daerah Makassar khususnya Pasar Daya banyak terdapat usaha penggilingan daging, menyebabkan ketatnya persaingan, baik dari segi harga dan pelayanan salah satunya milik H. Mujiono.

Tim Pengusul PKMS terdiri tenaga ahli bidang proses teknik kimia dan lingkungan, teknik indusri / manajemen SDM serta bidang Ekonomi Manajemen. Produksi olahan adonan dari bahan baku daging baik daging sapi maupun ayam.

  • Bagikan