Siapkan Pemimpin Transformasional, Kemendagri dan ESQ Bekali Pejabat Internalisasi BerAKHLAK

  • Bagikan

“Tentu, Kemendagri sudah memiliki visi misi dan target. Bicara soal Renstra pun, strategi sudah dicanangkan oleh Pak Menteri, struktur telah disiapkan oleh pemerintah, sistem pun sudah. Namun 70 persen kegagalannya itu bukan sebelah kiri melainkan sebelah kanan yaitu karakter, nilai, dan keyakinan,” ucap Ary.

MakaSekjen mengajak bapak ibu untuk gencarkan sisi sebelah kanan yaitu mentransformasikan Kemendagri dengan semangat superman yaitu change atau berubah. Dan satu lagi tambahannya adalah dari lingkaran berwarna warni ini.

"Saya coba gambarkan di tengahnya itu hati Anda yang isinya ada 2 yaitu misi dan nilai. Misinya adalah bangga melayani bangsa, dan nilai di dalamnya itulah yang disebut BerAKHLAK," tambahnya.

Menurutnya, hal itu diejawantahkan dengan Idealized Influence. Maka harus menjadi Pemimpin yang memiliki role model dari misi dan nilai itu. Kemudian, lanjutnya, yang kedua adalah harus menjadi Pemimpin yang memberikan inspirasi atau sebagai seorang guru (Inspirational Motivation).

“Anda sebagai pemimpin harus bisa menstimulasikan orang agar mengeluarkan ide-idenya (Intellectual Stimulation). Pemimpin yang mampu memilih orang yang tepat agar sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Kalau ini sudah dimiliki dan digabungkan maka peran anda sebagai agen perubahan akan berhasil mengubah Kemendagri bahkan Indonesia menjadi lebih baik," pungkas Ary.

Sebagai informasi, saat ini juga sedang berlangsung pengisian survei Indeks BerAKHLAK untuk 632 Kementerian/Lembaga/Daerah untuk sekitar 4 juta ASN di seluruh Indonesia. Sudah dimulai pada tanggal 29 Agustus 2022.

  • Bagikan