Diikuti 300 UMKM, Diskop UKM Sulsel Bantu Fasilitasi Pengurusan Sertifikasi Halal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar Halal Fest, Rabu (5/10) di Hotel Travellers Makassar, Jalan Lamadukelleng Buntu.

Halal Fest ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-353 Sulsel yang puncaknya akan dirayakan pada 11 Oktober 2022 mendatang.

Kegiatan ini diikuti langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman secara virtual dari Jakarta.

Plt Kadis Koperasi dan UKM, Sukarniaty Kondolele menerangkan Halal Fest ini dihadiri 300 pelaku UMKM di Sulsel yang bergerak di berbagai sektor usaha.

Wanita yang akrab disapa Ani mengatakan Halal Fest ini bertujuan untuk memberikan akses kemudahan informasi kepada para pelaku usaha dalam pendampingan sertifikasi halal, serifikasi merek.

Selain itu, para pelaku UMKM bisa diberi
pendampingan dalam mengurus nomor induk berusaha (NIB), pendampingan kemasan produk, pendampingan konsultasi pembiayaan syariah, dan konsultasi inovasi produk.

Juga memberikan pemahaman untuk mengembangkan sektor UMKM dan ekonomi syariah di Sulawesi Selatan.

Membangkitkan UMKM berbasis syariah masuk ke dalam ekosistem digital, sehingga para pelaku umkm lebih memahami model pengelolaan keuangan syariah yang lebih
modern.

Juga untuk menjaring ide dan masukan pengembangan kemitraan baik melalui lembaga keuangan syariah, perbankan syariah, maupun koperasi syariah bagi ukm dalam pengembangan
usahanya.

Sejauh ini, lanjut Ani, Dinas Koperasi dan UKM Sulsel sudah melaksanakan sejumlah langkah strategis diantaranya pendampingan sertifikasi produk halal kepada pelaku UMKM di Sulsel.

  • Bagikan