Koordinator Sekolah Penggerak Indonesia Jadi Dosen Praktisi di UNM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Koordinator Program Sekolah Penggerak Rini Nuraeni menjadi praktisi dosen Universitas Negeri Makassar (UNM). Ia mengajar di Prodi Administrasi Pendidikan angkatan 2021 dengan mata kuliah kurikulum dan pembelajaran

Alumnus Magister Biomanajemen di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini dinyatakan menjadi dosen praktisi setelah melewati proses seleksi yang cukup ketat.

Instruktur guru penggerak itu, bela-belain terbang dari Bandung ke Makassar hanya untuk mengajar secara luring kepada mahasiswanya. Terlebih, dirinya dipastikan akan mengajar selama 4 kali pertemuan dari 2 kelas yang dikelolanya.

"Ini kesempatan yang luar biasa bagi mahasiswa karena bisa langsung dapat ilmu dari praktisi di bidangnya," terang Dr Muh Ardiansyah selaku Sekretaris Jurusan Administasi Pendidikan.

Lebih lanjut, Muh Ardiansyah menjelaskan selama ini realitas yang dihadapi perguruan tinggi, yakni adanya kesenjangan antara keahlian lulusan dan kebutuhan dunia kerja sehingga dunia kerja seringkali mengeluhkan kualitas lulusan perguruan tinggi.

"Kolaborasi yang dilakukan dalam pengembangan mata kuliah ini akan meningkatkan relevansi mata kuliah yang diajarkan di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja. Kedepannya, melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang salah satunya terkait dengan Praktisi Mengajar," pungkasnya.

Koordinator Praktisi Mengajar, Hartoto, M.Pd menuturkan program ini merupakan salah satu program flagship dari Kemendibudristek. Dirinya menjelaskan, UNM menjadi salah satu kampus yang banyak diminati praktisi untuk dijadikan sebagai tempat mengabdi.

  • Bagikan