Tiga SMP di Makassar Terendam Banjir, Pembelajaran Berpotensi Dialihkan ke Daring

  • Bagikan
SMPN 19 Makassar tergenang, Kamis, (6/10/2022)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Hujan kembali mengguyur Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, (6/10/2022).

Akibatnya, sejumlah titik di kota Makassar terendam. Hal ini juga berdampak kepada aktivitas di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Makassar Muhyiddin mengatakan, sebanyak tiga SMPN yang dilaporkan terendam.

Di antaranya, SMPN 26 Makassar di Jalan Traktor IV No.21, Kelurahan Mangasa, Kecamatan Tamalate dan SMPN 37 Makassar di Jalan Galangan Kapal I, Kelurahan Pannampu, Kecamatan Makassar.

Selain itu ada SMPN 19 Makassar, yang terletak di Jalan Tamangapa Raya 3, Nomor 34, Kelurahannya Bangkala, Kecamatan Manggala.

“SMP 19, 26 dan 37. Itu memang sering terendam tapi biasanya cepat ji turun air,”, ujarnya ketika dihubungi.

Khusus di SMPN 19 Makassar, air naik ketika menjelang jam pulang sekitar pukul 14.00 wita. Sehingga, aktivitas belajar mengajar tak terganggu.

“Tidak ada ji pembelajaran yang terganggu karena sudah mau pulang,” kata Muhyiddin.

Sejumlah kelas yang berada di lantai satu memang kerap terendam ketika hujan deras terjadi. Pasalnya, tak ada saluran pembuangan yang memadai di kawasan tersebut.

"Kalau ada saluran drainase yang cukup memadai di sana, mungkin genangan yang masuk ke kelas bisa diatasi," tambah mantan Kadis Sosial Makassar itu.

Dia mengatakan jika tidak terjadi hujan deras Kamis malam, kemungkinan air bisa surut. Sehingga para siswa tetap bisa melaksanakan aktivitas belajar mengajar esok harinya.

"Namun mungkin jam kedua baru aktivitas belajar mengajar bisa dilakukan karena jam pertama akan digunakan untuk membersihkan kelas," pungkas Mantan Sekretaris Dinas Sosial Makassar ini.

  • Bagikan