Jalan Ring Road Antang-Perintis Makassar Gelap Sampai Akhir Tahun

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR --- Jalan Middle Ring Road yang menghubungkan Jalan Antang dengan Jalan Perintis akan gelap sampai akhir tahun.

Lantaran perbaikan atau pemasangan aki solar cell itu baru bisa dilakukan tahun depan. Pun, karena belum adanya penganggaran khusus bagi fasilitas publik itu.

Padahal akses ini sangat strategis bagi masyarakat. Sayangnya, penerangan justru tidak maksimal. Akhirnya hingga kini masih gelap gulita. Di jalan itu tercatat ada 44 lampu namun hanya dua saja yang nyala, sisanya 42 lampu tak berfungsi.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar, Malik mengaku bahwa tahun ini tidak ada pemasangan. Selain itu, Malik juga menuturkan gelapnya kondisi di sana dikarenakan aki masing-masing lampu itu dicuri. "Satu lampu satu aki, masing-masing pakai solar cell. Nda tahu siapa itu yang ambil ki, jadi mati semua karena hilang," kata Malik, kemarin.

Di beberapa titik, lanjut dia, masih ada beberapa yang menyala. Namun tentu tidak bisa membackup semua titik.

Ia mengungkapkan, untuk penanganannya harus diganti dengan pengadaan aki. Pihaknya selanjutnya, akan menganggarkannya. Hanya kemungkinan besar dilakukan tahun depan.

Disinggung perihal mengapa tidak ada pengawasan, dirinya hanya menjawab bahwa tak menyangka benda seperti itu bakal dicuri. Soal harga aki itu, ia tidak tahu pasti. "Nanti kami coba tanya dirjen perhubungan darat soal berapa besar anggaran akinya," ucapnya.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sulsel Reiza Setiawan mengatakan sejak pengerjaan jalan di sana lampu jalan termasuk dalam satu paket konstruksinya.

  • Bagikan