Penerbangan Toraja – Balikpapan Mulai Dibuka, Layani Dua Kali Sepekan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TORAJA -- Penerbangan langsung (direct flight) Toraja menuju Balikpapan, maupun dari Balikpapan ke Toraja mulai beroperasi pada Jum'at, 7 Oktober 2022.

Penerbangan perdana menggunakan pesawat jenis ATR 72-500/600, ditandai dengan guyur ke arah pesawat di apron Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja.

Hadirnya layanan penerbangan langsung ini, didukung oleh subsidi tiket pesawat melalui bantuan keuangan Provinsi Sulsel Tahun Anggaran 2022. Hal itu sebagai wujud kepedulian Gubernur Andi Sudirman untuk mendongkrak perekonomian di Toraja.

"Alhamdulillah, hari ini mulai dibuka Penerbangan subisidi rute Tana Toraja - Balikpapan dan rute Balikpapan - Tana Toraja dengan maskapai wings air," ungkap Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Adapun penumbang pada penerbangan ini, sebanyak 29 penumpang berangkat dari Toraja ke Balikpapan. Serta 28 penumpang tiba dari Balikpapan di Toraja.

Penerbangan rute ini secara reguler setiap hari Jumat dan Minggu. Penerbangan ini terkoneksi dengan penerbangan ke Tarakan (Kalimantan Utara) serta ke Berau (Kalimantan Timur).

"Semoga dengan adanya rute penerbangan ini akan semakin meningkatkan pariwisata dan perekonomian di Toraja," pungkasnya.

Diketahui, bantuan keuangan senilai Rp 22,5 miliar tersebut diserahkan oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Tator dalam rangka 775 Tahun Toraja dan 65 Tahun Kabupaten Tator pada 31 Agustus 2022 lalu. Bantuan keuangan itu dialokasikan untuk membangun infrastruktur objek wisata Ollon hingga memberikan subsidi tiket pesawat rute Toraja-Kalimantan. (Arya/Fajar)

  • Bagikan