Bangun Sinergi dengan Pemda Lutra, USAID ERAT Sasar 4 Program Diskominfo-SP

  • Bagikan

Fajar.co.id, Luwu Utara --- United States Agency for International Development (USAID) melalui program Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat (ERAT) yang kemudian dikenal dengan akronim USAID ERAT akan membangun sinergi dan kolaborasi bersama Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Luwu Utara.

Ada tiga program yang coba disinergikan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang berkualitas di Kabupaten Luwu Utara, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan di Dinas Kominfo-SP.

Empat program terssebut adalah: (1) Penguatan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE); (2) Penguatan Kapasitas Kelembagaan PPID Pelaksana dan Admin Website Perangkat Daerah; (3) Penguatan Forum Satu Data Luwu Utara; dan (4) Metadata Statistik Sektoral atau Statistikal.

USAID ERAT sendiri telah menyiapkan sejumlah indikator kegiatan dari program tersebut untuk segera direalisasikan akhir tahun ini sampai pada 2023 mendatang. Olehnya itu, Kepala Diskominfo-SP, Arief R. Palallo, meminta jajarannya segera membangun koordinasi dan merespon program yang akan dikerjasamakan dengan USAID ERAT tersebut.

“Teman-teman saya minta agar program-program yang telah direncanakan USAID ERAT dapat sama-sama kita kaji agar hasilnya bisa tepat sasaran,” kata Arief di hadapan jajarannya dalam rapat yang dilaksanakan Rabu 12 Oktober 2022 kemarin, di Ruang Media Center Diskominfo.

Terkait penguatan arsitektur penyelenggaraan SPBE, di mana telah dibuatkan regulasi berupa peraturan bupati (perbup), harus melibatkan semua perangkat daerah karena SPBE ini berbicara tentang semua aspek layanan pemerintah.

  • Bagikan