Gagas Pustaka Bergerak Bhabinkamtibmas, Tanpa Pamrih Berantas Buta Aksara di Pelosok Desa

  • Bagikan
Bripka Ilham Nur mengisi jam pelajaran di SDN No.73 Soppeng, Desa Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai.

Potret Polisi Berjiwa Humanis, Berintegritas, dan Inspiratif di Pelosok Desa

Memberantas buta aksara bukan hanya menjadi tugas pendidik. Melainkan, menjadi tugas siapa saja yang memiliki kepekaan atas kondisi sosial yang dialami oleh sekelilingnya.

SIRAJUDDIN

Sinjai

Hal tersebut dibuktikan oleh Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Ilham Nur, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Desa Terasa dan Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Selain menjalankan tugasnya sebagai seorang abdi negara di korps Bhayangkara, dia juga aktif melakukan kegiatan literasi di wilayah binaannya.

Pria kelahiran 1987 ini menceritakan awal mula kegiatan tersebut ia geluti sejak bulan September 2017. Saat itu, ia sering berkunjung ke fasilitas pendidikan yang ada di Desa Terasa dan Turungan Baji. Ia kerap mendapati siswa tidak belajar karena gurunya datang terlambat atau bahkan tidak ke sekolah karena akses jalan ke sekolah rusak. Terutama jika memasuki musim hujan.

Melihat kondisi tersebut, ia tergugah untuk mengisi kelas yang kosong guna berbagi inspirasi. Meski tak memiliki pengalaman menjadi seorang pendidik, ia tetap memberanikan diri agar para siswa yang datang ke sekolah bisa mendapatkan pelajaran sebelum kembali ke rumahnya masing-masing.

"Awalnya saya canggung karena tidak pernah mengajar, bahkan anak-anak takut karena melihat seragam polisi, tetapi waktu itu saya punya permen dan ternyata berhasil mendekati mereka menggunakan sarana itu," ujar Ilham, Kamis, (13/10/2022).

  • Bagikan