Gandeng 18.000 Siswa SMA se-Sulsel, Andi Sudirman Akan Pimpin Penanaman 35.300 Pohon Mangrove

  • Bagikan
ilustrasi. hutan mangrove mencegah abrasi pantai

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman akan memimpin langsung penanaman mangrove sebanyak 35.300 pohon, dengan melibatkan sekitar 18.000 siswa atau siswi SMA dan SMK se-Sulsel.

Penanaman yang akan dilakukan di pesisir sulsel pada Sabtu, (15/10/2022). Disebutkan sebagai rangkaian hari jadi ke 353 Provinsi Sulsel.

“Untuk acara penanaman simbolis oleh Bapak Gubernur akan dilaksanakan di PIP Untia. Yang lain di Maros, Pangkep, Barru, Bone, Bulukumba, Selayar, dan Luwu,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Muhammad Ilyas, Jumat (14/10/2022) di Makassar.

Penanaman ini selain siswa SMA se-Sulsel, juga melibatkan warga yang akan secara serentak dilangsungkan pada tanggal 15 Oktober 2022 di sembilan wilayah pesisir kabupaten atay kota di Sulawesi Selatan.

“Jadi Bapak Gubernur hanya simbolis saja. Nanti sisanya ditanam siswa atau siswi dan kami. Rencana kita tawarkan ke tamu tamu dan Kepala OPD pemprov. Jika beliau berkenan turun kita akan siapkan lokasi,” ujar Ilyas.

Selain penanaman pohon mangrove juga dilaksanakan side event dengan penyerahan gudang garam 7 unit, penyerahan perahu POKMASWAS 2 unit, Penyerahan smart Fishing 10 unit, Penandatanganan prasasti peresmian rehabilitasi PPI Lonrae kab. Bone, Launching gerai layanan nelayan, Penyerahan bibit produktif jenis pinus merkusi dan jenis aren dari dinas Kehutanan

Sementara itu, Kepala Disdik Prov. Sulsel, Setiawan Aswad saat dihubungi melalui telepon menyampaikan, selain untuk memperingati Hari Jadi Sulsel Ke-353 Tahun, aksi ini juga sebagai upaya untuk penghijauan di wilayah pesisir.

  • Bagikan