Bapenda Sulsel Mobile Juara 3 Lomba Inovasi Lingkup Pemprov Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Aplikasi pembayaran pajak secara digital bernama Bapenda Sulsel Mobile buatan Bapenda Sulsel meraih juara tiga dalam lomba inovasi lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Sulsel (Bappelitbangda) yang didukung United States Agency for International Development (USAID), lembaga pembangunan dari Amerika Serikat.

Kabid Teknologi dan Sistem Informasi Bapenda Sulsel, Andi Satriadi Sakka, S.Stp, MM, Selasa 18 Oktober 2022, mengakui tidak menyangka bisa meraih juara tiga karena inovasi yang ditampilkan OPD lain sangat baik.

“Kami tidak menyangka bisa meraih juara tiga karena pesaing kami cukup banyak dan inovasinya cukup bagus,” ujarnya. Pada 11 Oktober lalu, ia memaparkan inovasi tersebut di depan dewan juri di Hotel Aston Makassar.

Dalam paparannya, ia mengatakan, Bapenda Sulsel sudah lama terjun ke dunia digital dengan menggunakan aplikasi yang dibuat untuk memudahkan wajib pajak membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Namun baru pada tahun ini semua aplikasi tersebut disatukan dan diberi nama Bapenda Sulsel Mobile yang sudah dapat didownload di app store maupun di play store.

Hingga saat ini sudah ribuan orang yang mendownload aplikasi ini dengan fitur yang paling banyak digunakan yakni pengecekan tagihan pajak kendaraan.

Ia menjelaskan, dalam aplikasi ini wajib pajak bisa mengetahui jumlah tagihan pajak, layanan samsat terdekat, jumlah tagihan pajak kendaraan, dan masih banyak lagi.

“Melalui Bapenda Mobile, wajib pajak bisa membayar pajak kendaraan tanpa perlu mengunjungi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat),” katanya.

  • Bagikan