Chaidir Syam Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Maros

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Bupati Maros,AS Chaidir Syam memimpin upacara peringantan Hari Santri Nasional 2022 Sabtu (22/10/22) di Lapangan Pallantikang Maros.

Perayaan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Maros ini diikuti ratusan santri dari seluruh pondok pesantren se-Kabupaten Maros.

Dalam sambutannya Bupati Maros, AS Chaidir Syam membacakan sambutan Menteri Agama pada upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2022.

Ia menjelaskan Presiden Joko Widodo melalui keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Resolusi berjihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari Pahlawan.

Sejak ditetapkannya pada tahun 2015,kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan Peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda.Untuk tahun 2022 ini peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Dirinya pun mengajak melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama,kiai,santri yang telah syahid di Medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

Pada peringatan Hari Santri Nasional 2022 ini khusus di Kabupaten Maros Chadir Syam berharap agar seluruh Santri dan Santriwati bisa terus berkiprah dan mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi dipesantren.

"Kitakan ada tema berdaya menjaga martabat kemanusian kita berharap semoga santri dan santriwati terus berkiprah dan mendapatkan pendidikan lebih baik lagi di pesantren agar kedepannya mereka bisa berkiprah dan menggapai cita-cita tertinggi," jelasnya.

  • Bagikan